Kamis, 23 Juni 2011

Aplikasi berbasis Cloud Computing

Google docs ? ? ?
Google docs merupakan salah satu aplikasi berbasis Cloud Computing.  Cloud computing merupakan sebuah metode komputasi dimana kemampuan TI disediakan sebagai layanan berbasis internet. Google docs atau Google Documents adalah layanan gratis dari Google untuk membuat, menyunting, menyimpan dan berbagi dokumen secara online. Jika anda biasa menggunakan Microsoft Office atau Office.org, Google docs tidak akan asing di mata anda. Karena tampilannya mirip dengan Microsoft Word, Excel atau Powerpoint. Asalkan terkoneksi dengan internet, layanan ini memungkinkan kita untuk mengedit dan berbagi dokumen bersama-sama dengan sahabat, keluarga, ataupun rekan kerja di manapun dan kapanpun.





Google docs menyediakan jenis dokumen: Document (pengolah kata seperti Ms.Word), Presentation (pembuat presentasi seperti Ms.PowerPoint), Spreadsheet (pengolah angka dan data dalam baris dan kolom seperti Ms.Excel), Form (formulir online), dan Drawing (pembuat gambar seperti Paint). Selain bisa di-edit dan disimpan, semua jenis dokumen tersebut bisa diunduh dengan berbagai pilihan format.
Pada Google docs dapat dengan mudah melakukan semua hal pokok, termasuk membuat daftar yang diberi bulet, menyortir menurut kolom, menambahkan tabel, gambar, komentar, rumus, mengubah font, dll. Dan gratis. Google Documents menerima sebagian besar format file yang populer, termasuk DOC, XLS, ODT, ODS, RTF, CSV, PPT, dll. Jadi, mulailah meng-upload file Anda yang sudah ada.


Memulai Google docs

  • Memulai Google docs pada PC. Cukup klik tombol toolbar untuk menebalkan, menggarisbawahi, menetapkan indent, mengubah font atau format angka, mengubah warna latar belakang sel, dst.
  1. Pertama, untuk menikmati layanan Google docs syaratnya kita harus memiliki akun email dari Gmail.
  2. Pilih siapa yang dapat mengakses dokumen Anda.
    Cukup masukkan alamat email orang-orang yang hendak Anda ajak berbagi-pakai dokumen tertentu, lalu kirimi mereka undangan.
  3. Berbagi-pakai saat ini juga.
    Setiap orang yang Anda undang, baik untuk mengedit ataupun melihat dokumen, spreadsheet, atau presentasi Anda, dapat mengaksesnya segera setelah mereka sign in.
  4. Mengedit dan melakukan presentasi dengan orang lain dalam waktu-nyata.
    Beberapa orang sekaligus dapat melihat dan mengubah dalam waktu yang sama. Ada jendela chat di-layar untuk spreadsheet, dan revisi dokumen menunjukkan kepada Anda siapa mengubah apa, dan kapan. Melihat presentasi bersama-sama mudah sekali, karena setiap orang yang bergabung dalam presentasi dapat secara otomatis mengikuti si presenter.
Berikut adalah tampilan Google docs
  • Document (pengolah kata seperti Ms.Word)


  • Presentation (pembuat presentasi seperti Ms.PowerPoint)
 
  • Spreadsheet (pengolah angka dan data dalam baris dan kolom seperti Ms.Excel)
 
  • Form (formulir online)
 
  • Drawing (pembuat gambar seperti Paint).






Jika Anda pengguna Smartphone Android, kini Anda dapat menggunakan Aplikasi Google docs. Caranya adalah dengan menginstal aplikasi Google Docs pada Android Market.
Pada aplikasi, terdapat 6 buah menu pada Google Docs seperti :
  • All Items : berguna untuk melihat seluruh file baik file dokumen atau file lainnya yang ada pada Gmail anda
  • Collections : berguna untuk melakukan sharing file dokumen koleksi anda ke orang lain yang juga menggunakan email Gmail
  • Starred : berguna untuk menandakan file dokumen anda agar lebih mudah jika ingin melihatnya dikemudian hari
  • Documents : berguna untuk melihat file dokumen yang ada pada Gmail
  • Images : berguna untuk melihat file foto pada Gmail
  • More : berguna untuk melihat file dengan cara berdasarkan ekstensi file seperti file berekstensi .doc, .xls, dan .ppt
Penggunaan aplikasi Google Docs pada handphone Android sama pengoperasiannya dengan Google Docs pada PC anda. Tampilan aplikasi yang mudah, semakin memudahkan kita untuk menggunakannya, sekalipun baru pertama kali menggunakan handphone Android. Google Docs juga memungkinkan kita untuk membuat file office baru, mengedit file office, dan sharing dokumen. Jika file dokumen anda terlalu banyak dan anda kesulitan untuk mencarinya, anda dapat menggunakan fitur pencari dokumen yang terdapat pada bagian kanan atas aplikasi. File dokumen yang dapat dibuka pada Google Docs adalah .doc, .ppt. .xls, .pdf. File dokumen yang dapat diedit adalah .doc dan .xls. Satu keunggulan Google Docs milik Android ini, dapat digunakan untuk mengubah foto menjadi dokumen menggunakan optical character recognition (OCR) pada kameranya.

Kelebihan :
  • Dapat mengedit, membuat file dokumen baru tanpa perlu menginstal aplikasi office pada handphone Android
  • Keamanan yang terjamin karena file disimpan pada Gmail tidak pada handphone
  • Bisa melakukan scanning dokumen pada kertas menggunakan kamera seperti optical character recognition (OCR) pada scanner
  • Dapat digunakan untuk backup file secara online
Kelamahan :
Tidak dapat digunakan untuk mengedit file .ppt seperti pada Google Docs versi PC

 Sumber Referensi :
http://www.teknoup.com/review/768/google-docs-for-android/
http://budiastawa.com/web/google-docs-solusi-mengelola-dokumen-online/
http://www.google.com/google-d-s/intl/in/tour1.html
http://www.docs.google.com/

 

3 comments:

Anonim mengatakan...

The extended guarantee protection with the Bowflex Series 7 will protect the frame for fifteen decades
as well as the motor for ten.

Here is my web page :: bowflex selecttech 552 dumbbells sale

Anonim mengatakan...

Utilizing only a couple of unique dumbbells you may promptly and easily achieve a variety of various conditioning plans, delivered you know what you're carrying out.

Here is my web-site: free dumbbells

Anonim mengatakan...

Plus they give a a great deal better training session than
their historical predecessors.

My web-site - bowflex selecttech 552 dumbbells