Minggu, 27 Februari 2011

Aplikasi MP3 Cutter


Melanjutkan posting-an sebelumnya mengenai Android. Kali ini saya mau bahas contoh aplikasi Android.
Ada 4 hal mendasar yang harus kita pahami dalam membangun aplikasi berbasis Android :
  1. Activity, adalah tampilan grafis yang kita lihat ketika menjalankan sebuah aplikasi. Aplikasi dapat memiliki lebih dari satu Activity. 
  2. Intent, adalah serangkaian nilai yang menunjukan apa yang harus dilakukan ketika terjadi perpindahan layar. 
  3. Service, adalah layanan yang bekerja di belakang layar (background). 
  4. Content provider, memungkinkan sebuah aplikasi untuk dapat menyimpan dan menerima data dari database.
Contoh Aplikasi yang saya akan bahas adalah MP3 Cutter.. Sekilas tentang MP3 Cutter

MP3 Cutter” adalah sebuah aplikasi pemotong file musik yang diimplementasikan pada ponsel berbasis sistem operasi Android dan dibuat dengan bahasa pemrograman Java Android. Aplikasi MP3 cutter digunakan untuk memotong file musik dan hasil dari potongan tersebut dapat dijadikan nada dering, alarm tone atau notification tone.


MP3 sangat dikenal masyarakat dan banyak yang memanfaatkan lagu dalam format .MP3 sebagai nada dering ponsel. Terkadang tidak semua bagian lagu disukai sehingga MP3 cutter menjadi solusi untuk memotong file musik menjadi sepenggal bagian. Biasanya aplikasi ini digunakan untuk mengambil bagian intro atau reff dari sebuah lagu dan dijadikan nada dering. Aplikasi MP3 cutter memiki tiga menu yaitu “Start”, “Help” dan “Exit”. Pembuatan aplikasi ini dikerjakan dalam beberapa tahap, yaitu tahap pembuatan UML, coding dan tahap kompilasi. Kompilasi kode program diimplementasikan pada emulator Android 2.1.


Pada gambar rancangan activity diagram diatas menggambarkan alur aktivitas sistem aplikasi MP3 Cutter.            Alir berawal dari state Halaman Menu Utama aplikasi. Setelah itu alir memiliki aktivitas paralel yang mungkin dieksekusi, aktivitas tersebut adalah Help, Start dan Exit. Aktivitas Help hanya menampilkan kotak dialog lalu alurnya kembali lagi ke state Halaman Menu Utama. Sedangkan aktivitas Exit akan mengarah pada final state yang artinya state akhir dari seluruh aktivitas. Untuk aktivitas Start akan menuju decision yang menanyakan “Ada file musik?”. Jika tidak, maka alur mengalir ke state Record New dan kemudian dilanjutkan ke state Gunakan new record. Jika ya, maka alur akan menuju state Pilih File Musik. Pada state Pilih File Musik pengguna dapat melakukan aktivitas tandai bagian awal hingga akhir lagu, input bagian awal hingga akhir lagu, memperbesar gambar gelombang lagu dan memperkecil gambar gelombang lagu. Alur berikutnya akan menuju state simpan file musik. Kemudian dilanjutkan dengan memilih aktivitas pada state Simpan File, setelah itu menuju state Beri Nama File. Pengguna juga dapat menyimpan file musik sebagai ringtone, sebagai alarm tone, sebagai notification tone dan sebagai file musik biasa. Alur berikutnya akan menuju decision dengan pertanyaan “Ingin memotong musik lagi?”. Jika ya, maka alur akan kembali menuju state Pilih File Musik dan melakukan kembali aktivitas memotong file musik.Jika tidak maka alurnya menuju final state yang berarti berakhir menggunakan aplikasi setelah memotong file musik. 


1 comments:

oghello mengatakan...

q msh kurang paham ma MP3 cutter