Sabtu, 27 Maret 2010



Pengenalan OGRE
Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah sebuah program yang berorientasi, fleksibel mesin render 3D ditulis dalam bahasa C++ dan dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan intuitif bagi developer untuk menghasilkan aplikasi dengan menggunakan hardware-accelerated grafis 3D. Perpustakaan kelas abstrak rincian menggunakan sistem yang mendasari perpustakaan seperti Direct3D dan OpenGL dan menyediakan sebuah antarmuka dunia yang didasarkan pada objek dan kelas-kelas tingkat tinggi lainnya.
Ogre adalah sebuah mesin rendering. Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer.

Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi texturing, pencahayaan dengan parameter  tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output. .Dengan demikian, tujuan utamanya adalah untuk memberikan solusi umum untuk grafis rendering. Meskipun juga dilengkapi dengan fasilitas lain (vektor dan matriks kelas, penanganan memori), mereka dianggap sebagai tambahan. Ini bukan semua dalam satu solusi, dalam hal pengembangan permainan atau simulasi karena tidak menyediakan dukungan audio.  Umumnya, ini dianggap sebagai kekurangan utama dari ogre, tetapi juga dapat dilihat sebagai sebuah fitur pada mesin.
Ogre pilihan sebagai mesin grafis memungkinkan pengembang kebebasan untuk menggunakan input, audio, dan perpustakaan lain yang mereka inginkan dan memungkinkan tim pengembangan ogre untuk berfokus pada grafis daripada mendistribusikan usaha mereka di antara beberapa sistem. Ogre secara eksplisit mendukung OIS, SDL dan CEGUI perpustakaan, dan termasuk Cg toolkit.
Sebagai Ogre versi 1.7.0 dirilis di bawah syarat-syarat Versi sebelumnya ogre diterbitkan di bawah lisensi ganda (satu menjadi LGPL, yang lain yang disebut ogre Terikat Lisensi (OUL)), untuk memungkinkan harus dipilih untuk pengembangan konsol juga, karena sebagian besar penerbit menolak menggunakan bebas / terbuka -perangkat lunak sumber di pasar tertentu. Kelebihan ogre itu terutama di dokumentasinya yang lengkap dan teratur, komunitas yang bersahabat dan desain kelasnya yang rapi banget.
Ogre mempunyai orientasi objek desain dengan plug-in arsitektur yang memungkinkan penambahan fitur-fitur yang mudah, sehingga membuatnya sangat modular. Ogre sepenuhnya multi-platform, dengan dukungan OpenGL dan Direct3D. Dapat membuat konten yang sama pada berbagai platform tanpa pencipta konten harus mempertimbangkan kemampuan yang berbeda dari setiap platform. Hal ini mengurangi kompleksitas menjalankan sebuah permainan pada banyak sistem.
 Saat ini binari pre-compiled ada untuk Linux, Mac OS X, dan semua versi utama Windows. Ogre juga mendukung program Vertex dan Fragment shader bersama dengan adat ditulis dalam GLSL, HLSL, Cg dan assembler.  Pemandangan pemandangan manajer dukungan untuk Progresif LOD, yang dapat dibuat secara otomatis atau manual.
Ogre juga memiliki compositing manajer dengan bahasa scripting dan layar penuh postprocessing untuk efek seperti HDR, kecerahan, mengaburkan. Sebuah sistem partikel dengan extensible rendering dan dikustomisasi efektor dan emitter.  Perpustakaan memori juga fitur debugging dan sumber daya loading dari arsip. Ada eksportir konten utilitas yang tersedia untuk paling 3D modelers sekitar termasuk 3D Studio Max, Maya, Blender, Lightwave, Milkshape, Sketchup dan banyak lagi.
Sebuah gambaran dari fitur yang disediakan oleh ogre dapat ditemukan di sini. Ogre punya 6 slot di Google Summer of Code 2006 untuk meningkatkan mesin yang ada dan menambahkan fitur baru untuk itu. Entri-entri ini adalah:
•    Alat untuk satu langkah solusi bagi seniman
•    RmOgreExporter (v2), FxOgreExporter RmOgreExporter (v2), FxOgreExporter
•    Instancing , Crowd Rendering Instancing, Crowd Rendering
•    Extending, Demo-ing, and Documenting the Shadow Mapping System Memperluas, Demo-ing, dan Pengadministrasian Shadow Sistem Pemetaan
•    Scene Management Scene Manajemen
•    Billboard Clouds Billboard Clouds

Sumber : http://wapedia.mobi/en/OGRE_Engine